Rabu, 17 Desember 2008

Tips Pengganti Tanah : Hydrogel-phonix

Tidak selalu tumbuhan tumbuh di atas tanah. Beberapa medium ternyata bisa menggantikan Soil sebagai wadah hidup. unbeliev? Jika kita sempat mendapatkan pelajaran Biologi saat school dulu, menanam plant di atas kapas adalah contoh dan bukti paling sederhana.
Nama hydrogel phonix pada dasarnya terdiri dari dua istilah, yaitu hidro dan phonix. Artinya, media tanam alternatif pengganti tanah dan gell yang maksudnya adalah jeli. Berbahan rumput laut, hydrogel phonix new generation ini tak ubahnya dengan jajanan jeli.
but don't be wrong, jeli yang satu ini bukan untuk dimakan, karena benda ini adalah santapan bagi plant. Meski begitu, bahan dasar yang alami, membuat bahan ini safe. Meski termakan sekalipun,kata Budi Irawan, Owner Delon Collection di Surabaya.

Meski bagi sebagian besar pecinta tanaman hias Tanah Air, media ini terkesan unfamiliar, media tanam ini pada dasarnya sudah tak asing lagi di Negara Jepang. Pemanfaatannya bahkan melebihi farmer that using soil. some benefits, like nutrition enrichment, PH balance, dan unique shape, that making farmer from japan choose this thing. Terlebih keuntungannya yang tak memerlukan banyak matahari, membuat mereka kian tertarik akan hydrogel phonix.

Less Water, sunlight, and color additive

Bukan sihir, bukan pula sulap, using hydrogel phonix membuat plant tak lagi menuntut air dan sinar terlalu banyak. Bahkan disarankan, tanaman yang memakai media tanam hydrogel phonix tak perlu disiram sesering mungkin, karena bahan gell yang ada dalam media tanam tersebut sudah mengandung air yang dibutuhkan tanaman.

Meski begitu, kata Budi lagi, water yang tersimpan tak selalu lepas begitu saja. Gell memiliki fungsi sebagai media penampungnya. Media kita memiliki fungsi menyerap air yang efektif. Ini terlihat pada saat kita menyentuhnya. Meski terkesan basah, media ini tak akan meninggalkan bercak air pada saat kita menaruhnya di white paper sekalipun, imbuhnya.

Untuk itulah, jika menggunakan media tanam ini, sebaiknya tidak terlalu sering menyiram. Bahkan supaya efektif, tanaman tak perlu disiram sama sekali. Tak hanya air, sinar matahari yang jadi unsur penting pertumbuhan tanaman juga tak diperlukan dalam penggunaan media tanam ini.

Proses fotosintesis pada dasarnya dilakukan oleh tumbuhan untuk mendapatkan tanaman. Namun jika hal ini sudah terpenuhi oleh media tanam, maka fotosintesis tak begitu diperlukan,ujar Budi.Tapi sebagai proses pembentukan warna daun, sinar memang diperlukan. Untuk itu sinar lampu sudah cukup,tambahnya.

Meski memiliki beberapa jenis warna yang menarik, namun jenis media tanam ini bisa dikatakan bebas dari bahan pewarna. Warna yang dihasilkan dari media ini berasal dari bahan organik. Apabila ada hydrogel phonix fake, untuk mengetesnya cukup dengan menyentuhnya. Jika menggunakan bahan pewarna, warna yang menempel di tangan susah hilang meski sudah dibilas dengan air beberapa kali.


Easy Maintenance And No Dirt

Keunggulan hidrogel phonix adalah clean. Berbeda dengan tanah, hydrogel phonix tak mengakibatkan banyak serpihan. Untuk itu, meski terjatuh pun media ini tak mengotori lingkungan. Di samping itu, meski terkesan basah, media ini tidak akan memberi noda pada kertas putih sekalipun.

Selain itu, penempatan di pot transparan, memberikan kesan bersih dan terawat. Ini bila dibandingkan dengan media tanah. Selain itu, meski dalam bentuk gell, media ini tak disukai oleh serangga. Untuk itu, tanaman bermedia ini akan lebih terawat dan terjaga kebersihannya.

Beautiful Leaf And Flower Like Artificial

Bila dibandingkan dengan tanaman yang tumbuh di atas tanah, tanaman dengan media hydrogel phonix memiliki keuunggulan di strukturnya. Tak jarang, meski kebanyakan orang menyangka media tanam ini like toy, shining leaf sering membuat orang bertanya, apakah tanaman itu real?

like another organism, makin berkualitas bahan makanan yang masuk ke dalam tubuh, maka makin bagus pula efek samping yang akan dihasilkan. Dalam hal ini pertumbuhan organ akan mengalami pertumbuhan yang berkualitas.

Begitu juga dengan tanaman yang memakai media hydrogell phonix. Unsur perkembangan dan makanan yang selalu terpenuhi dan berkualitas, membuat tanaman tumbuh dengan sempurna. Mulai dari color leaf, size of plant yang maksimal sampai bibit yang akan dihasilkan kelak.

Pemenuhan makanan yang rutin dan berkualitas, membuat tanaman tumbuh bagus. Tak jarang mereka tumbuh dengan keindahan laiknya tanaman artificial (bunga palsu), karena bentuknya yang segar dan mengkilap.

Beware To The Fake One!

Beberapa tahun yang lalu, sebenarnya hydrogell phonix sudah pernah ada di Indonesia. Namun khasiatnya yang kurang bagus (dibandingkan tanah) dan efek negatif yang dihasilkan, membuat teknik tanam ini kurang dapat respon positif dari masyarakat.

Sebelum hydrogell phonix dipasarkan sekitar beberapa bulan yang lalu, orang berpendapat, media ini sering membawa masalah. Berjamur dan sering membuat tanaman jadi death adalah beberapa contoh kendala yang sering dihasilkan dari media tanam ini.

Namun lain dulu, lain pula sekarang. Berbahan dasar rumput laut, media hydrogell phonix generasi terbaru lebih aman dan seakan memanjakan tanaman. Meski begitu, seiring maraknya penggunaan hidrogel phonix di masyarakat, membuat banyak orang berusaha mencari keuntungan tanpa memikirkan efek yang akan dihadapi. Beberapa produk berbahan silicon meisalnya. Tak susah untuk mendapatkan hidrogel phonix berbahan ini di pasaran. Meski sepintas memiliki bentuk yang sama, namun dalam hal kualitas, hidrogel phonix jenis ini tidak memberi sedikit pun keuntungan bagi tanaman. Bahkan tanaman sering mati beberapa hari setelah ditanam.

Untuk menghindari bahaya dan dampak dari hidrogel phonix jenis ini, kita dapat membedakan hanya dengan melihatnya. Struktur yang sama, menandakan adanya bantuan pabrik dan bahan kimia. Ini yang pada akhirnya dapat membahayakan tanaman dan beracun,terang Budi. [adi]

http://tabloidgallery.wordpress.com/2007/09/16/hidrogel-phonix/

Tidak ada komentar: